Jumat, 19 Mei 2023

Membuat Jam Digital Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

 



Penjelasan:

1. Pertama, kita mengimpor modul-modul yang diperlukan, yaitu tkinter untuk GUI dan strftime dari         modul time untuk mendapatkan waktu saat ini.

2. Kemudian, kita mendefinisikan fungsi update_time(). Fungsi ini akan memperbarui waktu pada label     time_label setiap 1 detik menggunakan strftime('%H:%M:%S') untuk mendapatkan waktu saat ini         dalam format jam:menit:detik.

3. Selanjutnya, kita membuat jendela (window) menggunakan tkinter.Tk() dan mengatur judul dan             ukuran jendela.

4. Kemudian, kita membuat label (time_label) dengan ukuran font 48 dan latar belakang hitam                     (bg='black') serta teks putih (fg='white'). Label ini akan menampilkan waktu saat ini.

5. Setelah itu, kita memanggil fungsi update_time() untuk pertama kali agar waktu ditampilkan saat            aplikasi pertama kali dijalankan.

6. Terakhir, kita menjalankan main loop (window.mainloop()) untuk menjalankan aplikasi GUI.

    Kode di atas akan membuat jendela aplikasi dengan label yang menampilkan jam digital yang diperbarui setiap detik. Anda dapat mengubah tampilan jendela, seperti mengubah ukuran font atau mengatur posisi label, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk source code nya bisa download disini yah : https://safelinkduit.com/Dvj1rdj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi & Konfigurasi Windows Server 2003 Pada VMWare Workstation

     Windows Server 2003 adalah sistem operasi server yang sudah cukup tua. Meskipun demikian, berikut adalah langkah-langkah umum untuk men...